BukuK-13

Buku Siswa Prakarya SMP/MTs kelas 8

Buku Siswa Prakarya SMP/MTs kelas 8

Penulis : Suci Paresti, Dewi Sri Handayani Nuswantari, Sukri, Ichda Chaerudin.

Penelaah : Samsul Hadi, Tutik Nuryati, Caecilia Tridjata Suprabanindya, Djoko Adi Widodo, Latif Sahubawa, Wahyu Prihatini, Rozmita Dewi Yuniarti.

Pe-review Guru : Sumidjo, S.Pd

Semester 1 (46 MB)

Semester 2 (32 MB)

Mata pelajaran Prakarya bertujuan untuk mengembangkan pengetahuan, keterampilan dan sikap percaya diri siswa melalui produk yang dihasilkan sendiri dengan memanfaatkan potensi sumber daya alam yang ada di lingkungan sekitar. Prakarya juga merupakan ilmu terapan yang mengaplikasikan pelbagai bidang ilmu pengetahuan untuk menyelesaikan masalah praktis yang secara langsung mempengaruhi kehidupan kita sehari-hari.

Baca Juga :   Buku Siswa Matematika SMP/MTs kelas 8

Ruang lingkup mata pelajaran prakarya untuk SMP/MTs kelas VIII meliputi empat aspek, yaitu Kerajinan, Rekayasa, Budidaya dan Pengolahan. Berdasarkan keempat aspek tersebut para siswa diharapkan mampu untuk membuat produk dengan memanfaatkan potensi dari alam sekitar. Buku Prakarya SMP/MTs kelas VIII ini merupakan edisi revisi yang disusun
dengan mengacu kepada Kurikulum 2013 yang telah disempurnakan, baik Kompetensi Inti maupun Kompetensi Dasar.

Untuk membantu guru memahami materi Prakarya yang ada di buku siswa Prakarya SMP/MTs Kelas VIII maka pengorganisasian materi buku ini dibuat sederhana agar mudah dipahami. Oleh karena itu, Buku Guru Prakarya SMP/MTs Kelas VIII disusun dengan pembelajaran berbasis aktivitas. Pada setiap babnya diuraikan tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar, peta materi, tujuan pembelajaran secara umum, dan langkah-langkah pembelajaran. Pada langkah-langkah pembelajaran dijabarkan dalam beberapa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dengan beberapa pertemuan. Adapun, disetiap RPP per pertemuan berisi penjelasan yang meliputi informasi untuk guru, konsep umum, proses pembelajaran, interaksi dengan orang tua, pengayaan, remedial dan penilaian. Pembahasan materi pada RPP disetiap pertemuan dijelaskan secara rinci dan komunikatif meliputi metode, cara memotivasi siswa agar aktif dalam pembelajaran
dan pembelajaran yang berekplorasi dengan lingkungannya, maupun penggunaan media pembelajaran, serta cara melakukan penilaian.

Show More
Rekomendasi Untuk Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Matikan Adblock !!!

Untuk melanjutkan, silahkan matikan adblock anda terlebih dahulu. Atau masukkan website ini kedalam whitelist anda. Kami memberi garansi, bahwa tidak ada malware di semua iklan yang tayang dalam website ini. Dengan menonaktifkan adblock pada situs ini, anda telah membantu kami agar terus semangat menulis artikel bermanfaat. Terima kasih.