Tutorial

Cara Membuat QR Code Dengan Cepat, Mudah dan Gratis

Anda pasti ingin tahu bagaimana cara membuat QR Code yang cepat dan mudah. Pasalnya, belakangan ini, penggunaan Quick Response Code (QR Code) menjadi pilihan dalam berbagi tautan.

Dengan menggunakan QR Code, pengguna tidak perlu menyertakan tautan yang terkadang terdiri dari kombinasi huruf dan angka yang cukup rumit dan panjang. Bisa dibilang, jika Anda mengetahui cara membuat QR Code maka akan sangat memudahkan dalam berbagi segala hal secara digital.

Dengan menggunakan QR Code, Anda bisa berbagi poster, undangan, katalog, dan sebagainya. Bahkan alat pembayaran saat ini ikut menggunakan QR Code untuk efisiensi kerja.

Perusahaan-perusahaan juga sudah mulai memanfaatkan fasilitas ini, khususnya untuk memindai produk, distribusi, dan packaging. Bahkan, QR Code digunakan oleh hampir setiap perusahaan logistik/ ekspedisi yang ada di Indonesia.

Tentunya, membahas cara kerja dan cara membuat QR Code sangatlah menarik. Anda hanya membutuhkan perangkat berupa kamera smartphone dan aplikasi pemindai QR Code untuk mengakses tautan yang berisi informasi, gambar, teks, atau file lain dengan cepat dan mudah.

Bahkan di beberapa kamera smartphone terbaru, pemindai QR Code telah terintegrasi kedalam aplikasi kamera bawaan. Sehingga anda cukup mengarahkan kamera anda ke QR Code dan smartphone anda akan otomatis membacanya.

Jika Anda ingin mudah dalam berbagi tautan, baik hanya sekedar informasi atau penawaran bisnis, tidak ada salahnya untuk menggunakan fasilitas QR Code ini.

Berikut merupakan cara membuat QR Code serta menyematkan logo pribadi anda kedalamnya

  1. Buka situs https://qr.ajher.com
  2. Pilih tab berdasarkan apa yang akan anda sematkan pada QR Code. Bisa berupa Link, E-mail, Text, Pesan Whatsapp atau bahkan link untuk menyambungkan langsung ke jaringan wifi. Cara Membuat QR Code
  3. Sebagai Contoh, saya akan membuat qr code dari situs ini. Maka saya memilih tab Link.
  4. Masukkan Link atau alamat website ke kolom Your Link. (URL /Link yang anda masukkan, harus diikuti dengan http:// atau https://)Cara Membuat QR Code 2
  5. Setelah itu, silahkan ubah pengaturan default dibawahnya. (Jika anda hanya ingin membuat QR Code dengan tampilan sederhana dgn warna hitam dan putih saja, silahkan anda lewati langkah ini.)Setting pada qr.ajher.com
    1. Pada Kolom Size, anda dapat mengatur berapa pixel resolusi QR Code yang akan anda buat.
    2. Pada Kolom Precision, anda dapat mengatur seberapa presisi QR Code yang akan anda buat ketika d scan nanti.
    3. Pada Kolom Background, anda dapat mengatur Warna latar QR Code anda. Silahkan geser tombol dibawahnya jika anda menginginkan warna latar transparan.
    4. Jika anda mengaktifkan Tombol Gulir Gradient, maka anda dapat membuat QR Code dengan warna gradasi. Silahkan Pilih Warna Utama anda pada kolom Foreground Color dan;
    5. Warna berikutnya pada Second Color. Tombol Gulir berfungsi jika anda ingin membuat warna gradasi melingkar pada QR Code anda.
    6. Opsi berikutnya adalah Marker Border. Opsi ini berfungsi untuk mengkostumisasi warna bingkai QR Code anda. (Ilustrasi selengkapnya ada dibawah.)
    7. Opsi berikutnya adalah Marker Center. Opsi ini berfungsi untuk mengkostumisasi warna tengah bingkai QR Code anda. (Ilustrasi selengkapnya ada dibawah.)
    8. Menu Dots Berfungsi untuk mengkostumisasi desain titik pada QR Code anda. (Ilustrasi selengkapnya ada dibawah.)
    9. Menu Marker Border berfungsi untuk mengkostumisasi desain bingkai QR Code anda. (Ilustrasi selengkapnya ada dibawah.)
    10. Menu Marker Center berfungsi untuk mengkostumisasi desain tengah bingkai QR Code anda. (Ilustrasi selengkapnya ada dibawah.)
    11. Pada menu Logo, anda dapat menyematkan logo pribadi anda, atau dapat menggunakan logo yang sudah tersedia di website.
      Setting QR Code di qr.ajher.com
      Ilustrasi Setting Cara Membuat QR Code di qr.ajher.com
  6. Langkah Terakhir, silahkan klik Generate QR Code. Kemudian tunggu hingga prosesnya selesai. Generate QR Code
  7. Jika QR Code anda telah Muncul, anda dapat mendownload filenya dengan cara klik logo PNG atau SVG. Atau dapat langsung mencetaknya dengan cara meng-klik logo printer. Selesai
Baca Juga :   Gambar WEBP : Format Baru Pengganti JPG dan PNG

Itulah tadi Cara terbaru dan paling mudah untuk membuat QR Code. AKhirnya, Semoga bermanfaat, dan selamat mencoba.

Show More
Rekomendasi Untuk Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Matikan Adblock !!!

Untuk melanjutkan, silahkan matikan adblock anda terlebih dahulu. Atau masukkan website ini kedalam whitelist anda. Kami memberi garansi, bahwa tidak ada malware di semua iklan yang tayang dalam website ini. Dengan menonaktifkan adblock pada situs ini, anda telah membantu kami agar terus semangat menulis artikel bermanfaat. Terima kasih.