AdministrasiPendidikan

Download Contoh RPP 1 Lembar Matematika SMP

Contoh RPP 1 Lembar Matematika SMP

Dalam melaksanakan tugasnya sebagai pengajar, seorang pendidik/guru seharusnya memiliki panduan dalam proses pembelajaran. Hal ini perlu dilakukan agar proses pembelajaran yang diberikan kepada siswa berjalan dengan baik dan maksimal.
Panduan guru dalam melaksanakan proses pembelajaran dituangkan dalam bentuk RPP. Terkait dengan pembuatan RPP, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim menyampaikan kebijakan merdeka belajar, maka Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) perlu disederhanakan.
RPP yang para rekan guru buat dengan belasan komponen seperti:
  1. identitas sekolah,
  2. identitas mata pelajaran atau tema/subtema
  3. kelas dan semester
  4. materi pokok
  5. alokasi waktu
  6. tujuan pembelajaran,
  7. Kompetensi dasar (KD) dan indikator pencapaian kompetensi
  8. materi pembelajaran
  9. metode pembelajaran
  10. media pembelajaran
  11. sumber belajar
  12. langkah-langkah pembelajaran
  13. penilaian hasil pembelajaran.

Kini ketigabelas komponen tersebut disederhanakan menjadi TIGA KOMPONEN saja yaitu:

  1. tujuan pembelajaran,
  2. langkah-langkah pembelajaran serta
  3. penilaian pembelajaran (assessment),

sedangkan komponen yang lain hanya bersifat sebagai pelengkap.

Baca Juga :   Aplikasi Bel Sekolah Otomatis dan Gratis
Pada masing-masing tiga komponen RPP, terdapat beberapa hal yang perlu menjadi catatan ketika kita hendak membuat RPP 1 Lembar. Beberapa hal tersebut adalah sebagai berikut:

Tujuan Pembelajaran Pada RPP 1 Lembar SMP

Berkaitan dengan pembuatan RPP 1 lembar, tujuan pembelajaran mengacu pada:

  • Tujuan Pembelajaran hendaknya ditulis dengan merujuk pada kurikulum 2013 serta kebutuhan belajar dari peserta didik
  • Tujuan Pembelajaran didalam RPP menggambarkan dari seluruh proses serta hasil belajar yang nantinya diharapkan dapat dicapai oleh siswa dan sesuai dengan kompetensi dasar
  • Dalam penyusunan tujuan pembelajaran pada RPP yang disederhanakan hendaknya dirumuskan berdasarkan komptensi dasar dengan menggunakan Kata Kerja Operasional (KKO) yang dapat diamati serta diukur dengan mencakup sikap, pengetahuan serta keterampilan

Langkah- Langkah Pembelajaran pada RPP 1 Lembar SMP

Adapun hal yang menjadi acuan dalam pembuatan langkah-langkah pembelajaran pada RPP 1 Lembar SMP adalah sebagai berikut:

  • Langkah-langkah pembelajaran dalam RPP 1 Lembar SMP hendaknya ditulis secara efektif berupa kegiatan yang dapat secara langsung menggapai Kompetensi Dasar. Namum demikian, kegiatan pembelajaran tetap dilakukan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, serta dapat memotivasi siswa atau peserta didik.
  • Langkah-langkah kegiatan pembelajaran tetap memuat komponen keterampilan abad 21 diantaranya Penguatan Pendidikan Karakter (PPK), 4C (Literasi, Critical Thinking, Creative Thinking, Collaboration, dan Communication), serta Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS)
Baca Juga :   Perbedaan Endemi, Wabah, Epidemi dan Pandemi

Penilaian Pembelajaran (Assesment) pada RPP 1 Lembar SMP

Pada RPP 1 Lembar, Penilaian pembelajaran hendaknya:

  • Prosedur penilaian pembelajaran hendaknya dibuat sederhana dengan tetap memperhatikan indikator pencapaian kompetensi dan mengacu kepada standar penilaian.
  • Penilaian pembelajaran juga dapat dilakukan dengan tetap memperhatikan tiga bentuk penilaian abad 21, seperti assessment for learning, assessment as learning dan assessment of learning.

Selanjutnya, bagi rekan-rekan guru yang telah membuat RPP dengan menggunakan format yang mengacu pada Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016, tentunya tetap boleh digunakan untuk diterapkan dalam proses pembelajaran. Namun, bagi rekan-rekan guru yang hendak membuat dalam versi baru, berikut ini kami sertakan link contoh RPP 1 Lembar jenjang SMP mata pelajaran IPA. Diharapkan link-link yang kami sertakan, dapat membantu rekan guru semua. Rekan guru tentunya dapat mengembangkan sendiri dengan tetap berpedoman dengan prinsip-prinsip pengembangan RPP terbaru yaitu efektif, efisien serta berorientasi pada peserta didik.

Show More
Rekomendasi Untuk Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Matikan Adblock !!!

Untuk melanjutkan, silahkan matikan adblock anda terlebih dahulu. Atau masukkan website ini kedalam whitelist anda. Kami memberi garansi, bahwa tidak ada malware di semua iklan yang tayang dalam website ini. Dengan menonaktifkan adblock pada situs ini, anda telah membantu kami agar terus semangat menulis artikel bermanfaat. Terima kasih.