Info PendidikanPendidikan

Kemenag Berikan Bantuan Kuota Internet Untuk Siswa dan Guru

Direktorat Kurikulum, Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah Kementerian Agama (Kemenag) memberikan bantuan kuota internet gratis bagi pelajar, tenaga pengajar, dan karyawan di lingkungan Kemenag dalam menghadapi situasi pandemi coronavirus disease 2019 (Covid)-19.

Direktur KSKK Madrasah Kemenag, Ahmad Umar, mengatakan, pemberian kuota internet gratis ini untuk menunjang proses belajar mengajar dari rumah yang berbasis internet.

Baca Juga :   Kemenag Berikan Bantuan Kuota Internet Untuk Siswa dan Guru
Kemenag Hadirkan Program Syiar Madrasah” di Metro TV”]

Menurutnya, bantuan ini juga untuk mengatasi kendala banyaknya orangtua siswa yang mengalami penurunan penghasilan, bahkan ada yang dirumahkan dari tempatnya bekerja akibat melemahnya perekonomian, sehingga kesulitan untuk membeli paket internet untuk menunjang belajar anaknya.

“Maka program ini dimaksudkan untuk meringankan beban para orangtua siswa di saat program belajar di rumah ini,” katanya dalam keterangan tertulis, Jumat (15/5).

Pemberian paket kuota internet gratis ini juga agar dana anggaran belanja sembako dari orang tua terdampak Covid-19 tidak tersedot untuk membeli kuota internet. Pemberian kuota internet gratis ini dikemas dalam program Bantuan Kuota Terjangkau.

Program ini disosialisasikan melalui surat edaran Ditjen pendidikan Islam nomor B-894/DJ.I/Dt.I.I/PP.05/05/2020 yang ditandatangani Direktur Kurikulum, Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah Kemenag, Ahmad Umar, tertanggal 13 Mei 2020.

Karena sifatnya merupakan bagian dari mitigasi bencana, maka jangka waktunya terbatas. Jangka waktu bantuan paket work from home (WFH) ini hanya berlaku selama masa Darurat Bencana Pandemi Covid-19, yang untuk tahap ini hanya sampai dengan 30 Juni 2020 dan tidak berlaku perpanjangan paket dan tidak berlaku autorenewal.

Untuk menghelat program ini, Kemenag menjalin kerja sama dengan 3 operator telekomunikasi terbesar di Indonesia, yaitu Telkomsel, XL Axiata, dan Indosat Oooredo guna memberikan jangkauan yang luas hampir ke seluruh wilayah Indonesia.

Kemenag meminta para siswa dan guru segera mendaftarkan diri untuk melancarkan aktivitas belajarnya. Menurut informasi dari Kemenag, bila data lengkap pemohon akan segera mendapatkan kuota dalam jumlah gigabyte tertentu. Bantuan ini akan diberikan langsung ke nomor pemohon, dengan catatan satu nomor hanya boleh dapat 1 kali paket data WFH, atau 1 kali paket voice WFH dalam sebulan.

Paket ini bersifat penambahan (add-on) dan apabila terdapat kuota pribadi pada ponsel pemohon, maka kuota dalam paket ini akan dikonsumsi lebih dahulu (first priority consumption).

Persyaratannya terbilang cukup mudah, pemohon tinggal mengakses laman https://madrasah.kemenag.go.id/bantuankuotaterjangkau/, lau mengikuti proses yang ada.

Untuk Langkah, Persyaratan serta penjelasan detailnya dapat dibaca pada surat edaran dari Direktorat Kurikulum, Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah Kementerian Agama (Kemenag) yang dapat didownload pada link dibawah ini :

Download disini.

Show More
Rekomendasi Untuk Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Matikan Adblock !!!

Untuk melanjutkan, silahkan matikan adblock anda terlebih dahulu. Atau masukkan website ini kedalam whitelist anda. Kami memberi garansi, bahwa tidak ada malware di semua iklan yang tayang dalam website ini. Dengan menonaktifkan adblock pada situs ini, anda telah membantu kami agar terus semangat menulis artikel bermanfaat. Terima kasih.