BukuUmum

Lengkap – Panduan Copywriting

Apa itu Copywriting ?

Naskah iklan / copywriting adalah naskah yang ditulis oleh seorang penulis naskah iklan untuk disebarluaskan guna kepentingan komersial. Contohnya, naskah iklan televisi, radio, majalah, koran, baliho, spanduk, dan lain sebagainya.

Penulis naskah iklan lazim disebut copywriter, naskah atau teksnya disebut copy atau copywriting. Copywriting juga bisa berarti kegiatan menulisnya.

Dalam praktiknya, naskah iklan tidak hanya berupa iklan konvensional atau berkategori above the line (seperti iklan televisi, radio, atau media cetak), melainkan naskah promosi apapun yang dibutuhkan oleh industri.

isalnya, teks situs web, kalender, brosur, semboyan perusahaan/produk (tagline), surat penjualan (sales letter), rilis pers (press release), direct mail, nawala (newsletter], dan masih banyak lagi.

Seorang penulis naskah iklan dituntut untuk mampu menulis teks secara kreatif dan berdasarkan riset. Ia juga wajib menguasai teknik penulisan di banyak media, seperti cetak, situs web, audio, dan audiovisual.

Kalau secara sederhananya Copywriting Adalah sebuah seni menjual melalui tulisan. Sebagai seorang pebisnis online, kadang kita suka buru buru merubah sesuatu.

Contohnya kalau kita punya iklan dan itu ternyata bikin produk kita ga closingclosing. Itu, biasanya kita buru-buru langsung ganti iklannya. Padahal sebelum merubah semuanya itu, ada yang bisa kita rubah dahulu yaitu copywritingnya/penulisan iklannya.

Baca Juga :   Buku Siswa Bahasa Inggris SMP/MTs kelas 8
Show More
Rekomendasi Untuk Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Matikan Adblock !!!

Untuk melanjutkan, silahkan matikan adblock anda terlebih dahulu. Atau masukkan website ini kedalam whitelist anda. Kami memberi garansi, bahwa tidak ada malware di semua iklan yang tayang dalam website ini. Dengan menonaktifkan adblock pada situs ini, anda telah membantu kami agar terus semangat menulis artikel bermanfaat. Terima kasih.