Info PendidikanPendidikan

MENDIKBUD : UN 2020 Resmi Ditiadakan, Ini Penggantinya

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim menyebut peniadaan Ujian Nasional 2020 karena faktor risiko kesehatan yang besar di tengah wabah COVID-19. Nadiem menyebut sekolah masih bisa menggelar Ujian Sekolah (US).

“Artinya Ujian Sekolah itu masih bisa dilakukan masing-masing sekolah ujian kelulusan sekolah, tapi tidak diperkenankan melakukan tes tatap muka yang mengumpulkan siswa dalam ruang kelas,” kata Nadiem dalam konferensi pers, Selasa (24/3/2020).

Ujian Sekolah (US) Online

Nadiem menyebut Ujian Sekolah bisa digelar secara online. Opsi lain adalah sekolah mengukur nilai siswa dari 5 semester terakhir.

“Ujian Sekolah bisa diadministrasi, ada berbagai macam opsi, sekolah bisa melaksanakan Ujian Sekolah misalnya melalui online kalau mau, ataupun dengan angka dari nilai 5 semester terakhir. Itu adalah opsi yang bisa ditentukan masing-masing sekolah,” jelas Nadiem.

Nadiem menegaskan Ujian Sekolah tidak dipaksakan untuk mengukur ketuntasan seluruh capaian kurikulum seorang siswa.

“Dan Ujian Sekolah tersebut tidak kami paksa untuk mengukur ketuntasan seluruh capaian kurikulum bahkan sampai semester terakhir yang mungkin banyak sekali sekolah-sekolah yang dengan online tapi sekarang belum optimal. Jadi kami tak memaksakan Ujian Sekolah itu harus mengukur ketuntasan capaian kurikulum sampai semester terakhir ini yang terdampak bencana COVID dan terdisrupsi pembelajaran,” sebut Nadiem.

Baca Juga :   Kadispendikbud Bondowoso Perpanjang Masa Bekerja dan Belajar Dari Rumah
Show More
Rekomendasi Untuk Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Matikan Adblock !!!

Untuk melanjutkan, silahkan matikan adblock anda terlebih dahulu. Atau masukkan website ini kedalam whitelist anda. Kami memberi garansi, bahwa tidak ada malware di semua iklan yang tayang dalam website ini. Dengan menonaktifkan adblock pada situs ini, anda telah membantu kami agar terus semangat menulis artikel bermanfaat. Terima kasih.