Tutorial

Mengembalikan File Word Yang Lupa Tidak Disimpan Atau Tidak Sengaja Tertimpa

Hampir semua pengguna software pengolah kata Microsoft Word pernah mengalami hasil tulisan dokumen yang “hilang”, baik itu sebab sistem Windows 10 mengalami crash dan blue screen (BSOD), maupun secara tidak sengaja jendela program Word tertutup sebelum dokumen disimpan.

Apapun penyebab hilangnya dokumen kamu, program Word sesungguhnya memiliki pengaturan yang bisa mencegah “hilangnya” dokumen hasil ketikan kamu. Sebelum kita membahas cara mengembalikan file word yang lupa disimpan atau tertimpa, ada baiknya kita minimalisir terlebih dahulu  resiko hilangnya hasil ketikan kita. Karena, mencegah tetap lebih baik dari mengobati kaan…

Set Auto Recover Information

Berikut langkah-langkahnya.

1.  Buka Aplikasi Microsoft Word.

2. Klik “Options

3.  Klik tab “Save“. lalu pada opsi Save auto recover information, silahkan anda set ke waktu terendah. yaitu 1 menit. Lalu klik OK.

4. Selesai. File ketikan anda akan otomatis disimpan di folder sementara tiap 1 menit sekali.

Nah, sekarang kita lanjutkan ke pembahasan utama. Yaitu cara mengembalikan file word yang lupa disimpan atau tidak sengaja tertimpa.

Berikut langkah-langkahnya.

Mengembalikan File Word Lupa Disimpan

1. Buka kembali aplikasi Microsoft Word

2. Klik Tab “Open”. Kemudian klik “Recover Unsaved Document“.

3. Silahkan pilih file recovery yang tersedia disana. Perhatikan tanggal dan jam file tersebut dibuat. Silahkan anda perkirakan dan pilih file yang dibuat sebelum anda lupa untuk menyimpan ketikan anda. Lalu Klik Open.

4. Silahkan cek file yang sudah dibuka. Jika sudah sesuai dengan hasil ketikan terakhir anda, silahkan klik “Save As” Untuk menyimpan file hasil recovery tadi.

5. Untuk file yang tidak sengaja tertimpa, . Sebagai contoh, anda membuka file a.docx kemudian anda edit isinya untuk membuat file b.docx. kemudian anda lupa untuk save as, melainkan di save. sehingga file a.docx isinya telah berubah. Nah, untuk mengembalikan file a.docx tadi, juga dapat dilakukan dengan cara yang sama seperti diatas.

Baca Juga :   Cara Instal XAMPP di Windows

6. Selesai

Itulah tadi, cara mengembalikan file word yang lupa disimpan atau tidak sengaja tertimpa. Untuk video lengkapnya dapat dilihat pada link berikut.

Silahkan share jika bermanfaat.

Show More
Rekomendasi Untuk Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Matikan Adblock !!!

Untuk melanjutkan, silahkan matikan adblock anda terlebih dahulu. Atau masukkan website ini kedalam whitelist anda. Kami memberi garansi, bahwa tidak ada malware di semua iklan yang tayang dalam website ini. Dengan menonaktifkan adblock pada situs ini, anda telah membantu kami agar terus semangat menulis artikel bermanfaat. Terima kasih.