Info PendidikanPendidikan

Rangkuman Program Tayangan Syiar Madrasah Eps 2

Disclaimer!!
Ini merupakan versi text dari program Syiar Madrasah Eps 2.Silahkan simpulkan sendiri kesimpulan dari keseluruhan bacaan berikut.! Mari kita budayakan membaca dan menulis.!
Silahkan  Like dan subscribe channel kami sebagai bentuk support dan penyemangat kami menyajikan artikel seperti ini! Terima kasih.!
e-baca.com | Eksplorasi Dunia Dengan Membaca

Dalam kehidupan, kita harus berinteraksi dan berkomunikasi dengan orang lain. Orang lain yang diajak berinteraksi ada banyak sekali. Ada orang muslim, dan ada juga orang non muslim. Oleh karena itu, sebagai orang muslim dalam berinteraksi dengan non muslim kita telah mendapat panduan dari Allah SWT Melalui ayat Al-Qur’an.

Hubungan Muslim dengan Non Muslim Dalam Urusan Aqidah

Salah satu diantara ayat Al-Quran tersebut adalah QS. Al-Kafirun :

قُلۡ يَٰٓأَيُّهَا ٱلۡكَٰفِرُونَ لَآ أَعۡبُدُ مَا تَعۡبُدُونَ وَلَآ أَنتُمۡ عَٰبِدُونَ مَآ أَعۡبُدُ وَلَآ أَنَا۠ عَابِدٞ مَّا عَبَدتُّمۡ وَلَآ أَنتُمۡ عَٰبِدُونَ مَآ أَعۡبُدُ لَكُمۡ دِينُكُمۡ وَلِيَ دِينِ

Surat ini diturunkan sebelum nabi Muhammad SAW hijrah ke Madinah. Oleh karena itu disebut dengan ayat makkiyah. Dari surat ini, kita dapat menyimpulkan sebagai berikut :

  • kita sebagai umat islam tidak boleh menyembah kepada tuhan selain Allah swt.
  • Tuhan umat muslim berbeda dengan tuhan non-muslim
  • Apabila ada orang yang mengajak untuk menyembah kepada tuhan selain Allah swt, maka kita wajib menolaknya
  • Dalam surat ini pula, mengajarkan kita sebagai umat islam harus memiliki sikap toleransi terhadap agama lain. Dan harus menghormati orang lain yang memiliki keyakinan berbeda dengan kita. Kita harus memiliki sikap toleransi, menghormati dan saling menghargai.

Hubungan Muslim dengan Non Muslim Dalam Urusan Mu’amalah

Hubungan muslim dengan non muslim dalam hal mu’amalah, sebenarnya telah dicontohkan oleh Rasulullah dalam kehidupan beliau. Dimana beliau tetap berkomunikasi dan berinteraksi terhadap orang-orang non muslim.

Baca Juga :   Juknis BOS 2021 Sesuai Permendikbud No 6 tahun 2021

Hal tersebut Nampak pada perlakuan beliau kepada paman beliau. Yakni Abu Thalib yang sampai akhir hayatnya tidak masuk islam atau non-muslim. Namun demikian, Nabi Muhammad SAW selalu berinteraksi dan berkomunikasi dengan pamannya. Bahkan paman Nabi Muhammad selalu melindungi Rasulullah Ketika berdakwah.

Contoh kedua, Ketika Rasulullah SAW hijrah ke Madinah, dimana masyarakat Madinah masih mayoritas beragama non muslim. Namun beliau tetap berkomunikasi dan berinteraksi dengan mereka. Masyarakat di Madinah juga hidup dengan damai dan rukun.

Oleh karena itu, Rasulullah SAW dalam hal berkomunikasi dan berinteraksi tidak pernah membeda-bedakan agama.

Selain itu, islam masuk ke Indonesia juga berkat komunikasi dan interaksi antara orang muslim dan non muslim. Seandainya orang muslim tidak boleh berinteraksi dan berkomunikasi dengan non muslim, maka mustahil, kita dapat menikmati indahnya islam seperti saat ini.

Sehingga, orang muslim diperbolehkan, tidak dilarang bahkan harus  untuk berinteraksi dan berkomunikasi dengan siapa saja, bahkan dengan non muslim.

Kesimpulannya, Interaksi dan komunikasi dengan non-muslim, harus diperhatikan dua hal, yaitu :

  • Aqidah

Jika terkait masalah akidah, maka tidak bisa ditawar. Kita memiliki Tuhan sendiri. Kita memiliki cara eribadah sendiri. Kita tidak boleh mencoba beribadah atau mengambil Tuhan non-muslim. Bahkan jika diajak pun, kita wajib menolaknya.

  • Mu’amalah.

Kita diperbolehkan oleh agama kita, untuk berinteraksi dan berkomunikasi dengan non muslim. Dalam rangka mewujudkan islam sebagai rahmatan lil ‘alamin.

Demikian rangkuman dari Program Tayangan Syiar Madrasah Eps 2. Rangkuman ini merupakan tulisan asal-asalan dari admin e-baca.com . Silahkan diperbaiki lagi dengan memanfaatkan video referensi pada link dibawah ini.
Update video Program Tayangan Syiar Madrasah Tiap harinya juga dapat dilihat pada link berikut :

https://e-baca.com/video-program-syiar-madrasah-di-metro-tv/

 

Show More
Rekomendasi Untuk Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Matikan Adblock !!!

Untuk melanjutkan, silahkan matikan adblock anda terlebih dahulu. Atau masukkan website ini kedalam whitelist anda. Kami memberi garansi, bahwa tidak ada malware di semua iklan yang tayang dalam website ini. Dengan menonaktifkan adblock pada situs ini, anda telah membantu kami agar terus semangat menulis artikel bermanfaat. Terima kasih.