Info PendidikanPendidikan

Surat Edaran dan Pedoman Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional 2021

Hari Pendidikan Nasional, atau disingkat HARDIKNAS, adalah hari nasional yang bukan hari libur yang ditetapkan oleh pemerintah Indonesia untuk memperingati kelahiran Ki Hadjar Dewantara, tokoh pelopor pendidikan di Indonesia dan pendiri lembaga pendidikan Taman Siswa, dan diperingati pada tanggal 2 Mei setiap tahunnya.

Peringatan Hari Pendidikan Nasional yang diselenggarakan pada setiap tanggal 2 Mei tidak semata-mata dimaksudkan untuk mengenang hari kelahiran Ki Hadjar Dewantara selaku Bapak Perintis Pendidikan Nasional, namun lebih merupakan sebuah momentum untuk kembali menumbuhkan rasa patriotisme dan nasionalisme bagi seluruh insan pendidikan.

Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah untuk mewujudkan tujuan tersebut adalah dengan menetapkan pelaksanaan Upacara Bendera dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional. Hal ini dimaksudkan agar semua insan pendidikan mengingat kembali filosofi dari nilai perjuangan Ki Hadjar Dewantara dalam menegakkan pondasi pendidikan di Indonesia.

Namun, di tengah krisis pandemi Covid-19 yang melanda tanah air pada tahun ini, upacara bendera peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2021 diselenggarakan secara minimalis dan terbatas dengan tetap memperhatikan protokol Kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19 yang telah ditetapkan Pemerintah.

Tema peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2021 adalah Serentak Bergerak, Wujudkan Merdeka Belajar”.

Logo peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2021 :

Logo Hardiknas 2021

Pedoman Upacara Hardiknas 2021 :

Surat Edaran Mendikbud tentang Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2021 :

MLR Hardiknas 2021

 

Baca Juga :   Tata Cara Memperoleh Sertifikat Pendidik Bagi Guru Dalam Jabatan
Show More
Rekomendasi Untuk Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Matikan Adblock !!!

Untuk melanjutkan, silahkan matikan adblock anda terlebih dahulu. Atau masukkan website ini kedalam whitelist anda. Kami memberi garansi, bahwa tidak ada malware di semua iklan yang tayang dalam website ini. Dengan menonaktifkan adblock pada situs ini, anda telah membantu kami agar terus semangat menulis artikel bermanfaat. Terima kasih.